Pendahuluan
Salam, Sobat Rspatriaikkt! Selamat datang di artikel jurnal kali ini. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai “pengertian belajar menurut para ahli”. Dalam dunia pendidikan, belajar menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui definisi belajar menurut para ahli agar dapat memperkaya pemahaman kita tentang proses belajar. Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak penjelasan berikut!
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
1. Bloom
Bloom menyatakan bahwa belajar adalah proses di mana seseorang mengubah perilaku, pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai melalui interaksi dengan lingkungan.
2. Gagne
Gagne mendefinisikan belajar sebagai perubahan perilaku yang dapat dilihat pada individu dan hasil dari interaksi antara individu dengan lingkungan.
3. Skinner
Menurut Skinner, belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang sebagai hasil dari pengalaman. Ia mengemukakan bahwa belajar terjadi ketika ada perubahan dalam respons yang berulang kali terjadi setelah stimulus tertentu diberikan.
4. Ausubel
Ausubel mendefinisikan belajar sebagai suatu proses membentuk struktur mental dalam pikiran individu melalui hubungan antara materi yang baru dipelajari dengan pengetahuan atau pengalaman yang sudah dimiliki individu sebelumnya.
5. Vygotsky
Vygotsky berpendapat bahwa belajar adalah proses sosial yang melibatkan interaksi antara individu dengan lingkungan. Ia menekankan pentingnya peran bahasa dan komunikasi dalam membantu individu memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru.
6. Piaget
Menurut Piaget, belajar adalah proses konstruksi pengetahuan yang terjadi melalui interaksi individu dengan lingkungan. Ia mengemukakan bahwa setiap individu membangun pengetahuannya sendiri melalui tahapan perkembangan kognitif yang universal.
7. Thorndike
Thorndike menyatakan bahwa belajar adalah perubahan yang berlangsung dalam kepribadian individu sebagai hasil dari pengalaman. Ia mengemukakan bahwa individu cenderung mengulangi perilaku yang memberikan hasil yang menyenangkan dan menghindari perilaku yang memberikan hasil yang tidak menyenangkan.
Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
1. Bloom :
Kelebihan: Menggambarkan belajar sebagai proses kompleks yang melibatkan berbagai aspek perilaku. Kekurangan: Tidak memberikan penekanan pada faktor psikologis individu dalam proses belajar.
2. Gagne :
Kelebihan: Menjelaskan adanya interaksi antara individu dan lingkungan dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penjelasan mengenai faktor internal individu yang mempengaruhi belajar.
3. Skinner :
Kelebihan: Menghubungkan antara stimulus dan respons dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penjelasan mengenai pentingnya pemahaman atau pemrosesan informasi dalam belajar.
4. Ausubel :
Kelebihan: Menekankan pentingnya hubungan antara materi baru dan pengetahuan yang sudah dimiliki individu dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penjelasan mengenai peran sosial dalam belajar.
5. Vygotsky :
Kelebihan: Menjelaskan pentingnya interaksi sosial dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penekanan pada peran individu dalam membangun pengetahuannya sendiri.
6. Piaget :
Kelebihan: Menjelaskan tahapan perkembangan kognitif yang dialami individu dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penjelasan mengenai adanya perbedaan individual dalam perkembangan kognitif.
7. Thorndike :
Kelebihan: Menjelaskan pengaruh hasil yang diterima individu dalam proses belajar. Kekurangan: Tidak memberikan penjelasan mengenai faktor motivasi dalam belajar.
Tabel Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Nama Ahli | Pengertian Belajar |
---|---|
Bloom | Belajar adalah proses di mana seseorang mengubah perilaku, pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai melalui interaksi dengan lingkungan. |
Gagne | Belajar adalah perubahan perilaku yang dapat dilihat pada individu dan hasil dari interaksi antara individu dengan lingkungan. |
Skinner | Belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang sebagai hasil dari pengalaman. Ia mengemukakan bahwa belajar terjadi ketika ada perubahan dalam respons yang berulang kali terjadi setelah stimulus tertentu diberikan. |
Ausubel | Belajar adalah suatu proses membentuk struktur mental dalam pikiran individu melalui hubungan antara materi yang baru dipelajari dengan pengetahuan atau pengalaman yang sudah dimiliki individu sebelumnya. |
Vygotsky | Belajar adalah proses sosial yang melibatkan interaksi antara individu dengan lingkungan. Ia menekankan pentingnya peran bahasa dan komunikasi dalam membantu individu memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. |
Piaget | Belajar adalah proses konstruksi pengetahuan yang terjadi melalui interaksi individu dengan lingkungan. Ia mengemukakan bahwa setiap individu membangun pengetahuannya sendiri melalui tahapan perkembangan kognitif yang universal. |
Thorndike | Belajar adalah perubahan yang berlangsung dalam kepribadian individu sebagai hasil dari pengalaman. Ia mengemukakan bahwa individu cenderung mengulangi perilaku yang memberikan hasil yang menyenangkan dan menghindari perilaku yang memberikan hasil yang tidak menyenangkan. |
Frequently Asked Questions (FAQ)
Jawaban: Perbedaan terletak pada sudut pandang mereka dalam memandang proses belajar. Bloom lebih menekankan kompleksitas belajar, sementara Gagne lebih menekankan interaksi antara individu dan lingkungan.
2. Bagaimana pandangan Skinner mengenai belajar?
Jawaban: Skinner melihat belajar sebagai perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Ia memandang bahwa belajar terjadi ketika ada perubahan dalam respons yang berulang kali terjadi setelah stimulus tertentu diberikan.
3. Apa kontribusi Vygotsky dalam pemahaman belajar?
Jawaban: Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses belajar. Ia berpendapat bahwa melalui bahasa dan komunikasi, individu dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru.
4. Bagaimana pendekatan Piaget dalam memahami belajar?
Jawaban: Piaget melihat belajar sebagai proses konstruksi pengetahuan yang terjadi melalui interaksi individu dengan lingkungan. Ia mengemukakan bahwa setiap individu membangun pengetahuannya sendiri melalui tahapan perkembangan kognitif yang universal.
Jawaban: Thorndike menyatakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kepribadian individu sebagai hasil dari pengalaman. Individu cenderung mengulangi perilaku yang memberikan hasil yang menyenangkan dan menghindari perilaku yang memberikan hasil yang tidak menyenangkan.
6. Apa kekurangan dari pendekatan Ausubel dalam memahami belajar?
Jawaban: Ausubel tidak memberikan penjelasan mengenai peran sosial dalam belajar. Ia hanya menekankan hubungan antara materi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki individu sebelumnya.
Jawaban: Memahami pengertian belajar menurut para ahli membantu kita mengenali berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi proses belajar. Hal ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Kesimpulan
Setelah mempelajari pengertian belajar menurut para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa belajar adalah proses kompleks yang melibatkan interaksi individu dengan lingkungan. Para ahli memiliki sudut pandang yang berbeda, namun saling melengkapi dalam pemahaman akan pentingnya belajar dalam kehidupan kita. Dalam konteks pendidikan, pemahaman ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang efektif dan memperkaya pengalaman belajar peserta didik.
Jika Sobat Rspatriaikkt memiliki pertanyaan lain seputar pengertian belajar menurut para ahli, jangan ragu untuk bertanya pada kami melalui kolom komentar di bawah. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Sobat Rspatriaikkt!
Sekian artikel jurnal ini, semoga bermanfaat untuk Sobat Rspatriaikkt dalam memahami pengertian belajar menurut para ahli. Teruslah belajar dan tingkatkan pengetahuan serta keterampilanmu! Sampai jumpa pada artikel jurnal berikutnya.
Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan penelusuran informasi dari berbagai sumber terpercaya dan diolah dengan hati-hati. Namun, penyusun tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini.